Kesehatan mental menurut Erik H. Erikson

Erikson mengatakan bahwa akan tercapai kesehatan mental apabila seseorang dapat menjalani atau melewati tahap-tahap perkembangan social dengan baik.. adapun tahap-tahap tersebut adalah:
1. Trust vs Mistrust
Tahap ini terbentuk selama tahap sensori oral dimana terlihat jika sang bayi bisa tidur nyenyak,makan dengan nyaman dan BAB dengan santai.. jika pada tahap ini berjalan dengan baik maka akan memngembangkan rasa percaya pada orang lain.

2. Autonomy vs Shame and Doubt
Tahap ini setara dengan tahap muscular-anal.. dimana anak belajar mengenai apa yang diharapkan dari dirinya, kewajiban , hak-hak dan batasan untuk dirinya ( mengontrol diri ), jika pada tahap berjalan dengan baik akan menghasilkan sifat bijaksana.
3. Initiative vs Guilt
Tahap ini setara dengan tahap lokomotor-genital, dimana anak belajar untuk mermuskan dan mengajar tujuan-tujuan yang bernilai dan bebas dari hambatan fantasi-fantasi anak-anak, rasa bersalah dan ketakutan akan hukuma. Jika pada tahap ini berjalan dengan baik akanmenghasilkan rasa tanggung jawab dan perluasan penguasaan.
4. Industry vs Inferiority
Tahap ini berlangsung selama periode laten. Dimana anak belajar mengontrol imajinasinya dan mulai menempuh pendidikan formal. Akan munculnya rasa rendah diri saat tidak berhasil dalam menguasai tugas-tugasnya.
5. Identity vs Identity confusion
Tahap ini merupakan masa adolesen dimana individu mulai merasakan suatu persaan tentang identitasnya sendiri. Pada masa pembentukan identitas remaja mengalamikekacauan identitas akibat peralihan yang sulitdari masa kanak-kanak kemasa dewasa dan juga perubaha social dan historis.
6. Intimacy vs Isolation
Terjadi pada masa dewasa awal. Pada tahap ini muncul nilai cinta (menyatukan identitasnya dengan orang lain)
7. Generativity vs Stagnation
Berlansung pada masa middle adulthood. Tahap ini member perhatian terhadap apa yang dihasilkan , baik berupa keturunan, produk-produk, ide-ide dan sebagainya serta pembentukan dan penetapan garis-garis pedoman untuk generasi mendatang
8. Integrity vs despair
Berlangsung pada masa late adulthood..pada masa ini dimana seseorang melihat keberhasilan dan kegagalan hidup yang sudah terjadi dalam hidupnya, dimana muncul sikap kebijaksanaan terhadap hal yang sudah terjadi dan dihadapan kematian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: