PENGARUH ADHD

Kita tahu bahwa ADHD membawa pengaruh kepada setiap aspek kehidupan anak. Anak-anak yang menderita ADHD seringkali mendapat kesulitan dalam memahami instruksi, mengingat tugas, bermain dengan baik dengan saudara sekandung, atau mengingat peraturan-peraturan. Sepertinya mereka selalu berada dalam kesulitan. Mereka sulit untuk
ikut serta dalam aktivitas kelompok atau duduk diam di kelas. Mereka mungkin ëdicapí sebagai anak nakal. Bagi sebagian anak yang menderita ADHD, sangat sulit berteman.
Problem diatas menjadikan mereka anak yang kesepian dan sulit dimengerti dan mereka menjadi lebih nakal karenanya.
Bagaimana mereka dapat menyelesaikan sekolah jika sulit memusatkan perhatian? Tanpa penyesuaian diri dalam bersosialisasi secara benar, mereka akan mendapat kesulitan dalam mencari teman pada masa mereka dewasa, ketika saluran bersosialisasií menjadi penting dalam kehidupan. Beberapa bukti-bukti menunjukkan bahwa orang yang menderita ADHD juga mengalami kesulitan belajar, selalu menentang dan berkelakuan menyimpang. Kondisi-kondisi seperti ini membuat mereka mengalami kesulitan dalam bergaul. Periksakan anak anda pada seorang ahli untuk mengetahui apakah dia juga mengalami kondisi ini. Pengaruhnya Pada Anda Mungkin anda tidak sadar akan pengaruhnya pada anda dalam menghadapi anak dengan ADHD. Mengurus anak dengan ADHD merupakan pekerjaan penuh waktu. Kelihatannya seperti tidak ada yang dikerjakan hanya ëmengejarí si anak, membereskan segala sesuatu yang dilakukannya. Luangkan sedikit waktu untuk diri sendiri untuk ngobrol dengan teman, mendengarkan musik, nonton film, makan malam di luar, menyegarkan diri, membaca, berolah raga,sembahyang atau melakukan meditasi. Dibawah ini ada tempat kosong untuk anda isi dengan kegiatan-kegiatan yang anda sukai. Lakukan suatu aktivitas kegemaran anda sedikitnya satu kali sehari atau pada saat anda merasa butuh melakukannya ñ anda akan merasa sedikit lega.

Setelah mengetahui bagaimana ADHD membawa pengaruh pada anda dan anak anda, penanganan yang efektif menjadi penting. Tidak ada penyembuhan ADHD, tetapi ada tiga cara mengurangi gejalanya ñ dengan obat, perubahan tingkah laku dan lingkungan sekitar. Ketiga cara / metode ini dapat menolong. Kadang-kadang hanya menggunakan satu metode saja tidak cukup. Gabungan ketiga metode akan memberikan hasil yang lebih baik. Mungkin anda melihat iklan pengobatan ADHD ñ hati-hati, karena ìpengobatanî yang diiklankan itu belum terbukti ëkemanjurannyaí dan kebanyakan mahal. Jika anda berencana untuk mencoba pengobatan baru, lebih baik dibicarakan dahulu dengan dokter atau terapis anda.

Sumber: http://www.kesulitanbelajar.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: