HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN ANAK ADHD SAAT DI SEKOLAH

Ruang Kelas

Ruang kelas yang terbaik bagi anak dengan ADHD adalah adanya penempatan peraturan dan jadual sekolah yang mudah dilihat dan dibaca. Aktivitas sekolah sebaiknya merangsang minat anak ñ pekerjaan sekolah mungkin sukar,tetapi diimbangi dengan praktik yang menyenangkan, misalmya penggunaan komputer, pekerjaan laboratorium dsb.

Tetapi jika lingkungannya terlalu merangsang minat anak, si anak akan sulit berkonsentrasi. Hindari menempati si anak di dekat jendela, pintu terbuka atau gambar / lukisan yang warnanya cerah karena akan merusak konsentrasi anak.Tempatkan si anak dekat meja guru agar guru bisa mengawasi dan membantu. Tetapi jangan sampai si guru sering didatangi murid lain karena inipun bisa mengganggu, karena anak anda akan mengalihkan perhatiannya kepada apa yang didiskusikan temannya dengan guru. Jangan tempatkan anak anda di sudut kelas atau jauh dari pantauana guru. Tanpa perhatian guru si anak akan dengan mudah beralih dan sibuk dengan pikirannya sendiri dan hanya melamun.

Guru Penting sekali untuk menjalin hubungan yang baik dengan guru karena mereka merupakan narasumber anak anda dalam mencari pengalaman di sekolah. Ada baiknya anda menemui guru sebelum sekolah dimulai ñ untuk memastikan bahwa si guru mengetahui tentang ADHD. Siapkan bahan pembicaraan yang efektif, misalnya tentang ruang kelas, lalu nyatakan juga hal-hal apa yang dapat membuat anak anda bekerja baik, peralatan dan cara apa yang dapat digunakan. Juga beritahu si guru bahwa anda bersedia menolong. Komunikasi rumah ñ sekolah sangat diperlukan. Komunikasi ini bisa berbentuk nota pendek, kartu pencapaian pengerjaan tugas, atau gambar wajah sederhana yang melukiskan keadaan gembira atau sedih dengan catatan apa yang telah dilakukan .

Contoh kartu tugas:

Laporan Harian (nama anak)

Untuk____hari____ minggu

Saya telah menyelesaikan: (nama tugas) Parameter Kegiatan:

Seluruhnya ? Kurang aktif

Hampir seluruhnya ? Rata-rata aktif

Setengahnya ? Sangat aktif

Sedikit ? Terlalu aktif

Sangat sedikit Hadiah atau bintang yang diberikan di rumah dapat juga digunakan di sekolah. Pemberian hadiah biasanya efektif karena memberikan pengaruh baik bagi tingkah laku anak. Kalau tidak menggunakan cara ini, minta si guru untuk memuji si anak dengan harapan akan memberi pengaruh baik pada tingkah lakunya. Juga minta si guru untuk memberikan komentar khusus. Mungkin anda ingin membuat semacam system untuk memonitor anak anda.Sistem ini dapat membuat tingkah laku si

anak menjadi lebih baik karena dia akan lebih mawas diri. Si anak bisa mencatat sendiri berapa kali dia menunjukkan tingkah laku yang tidak diharapkan. Guru diminta mengingatkan anak anda jika dia menunjukkan kelakuan yang buruk dengan cara memberi komentar khusus atau hanya menyentuh bahunya.

KARTU DUDUK (NAMA ANAK)

Jam Keluar dari bangku += Duduk selama pelajaran

1. 8:00– 9:00 Bahasa //

2. 9:00– 10:00 Membaca / +

3. 10:00– 10:45 Olahraga

4. 10:45–11:15 Matematika +

5. 11:15– 11:45 IPA ///

6. 11:45– 12:15 Istirahat

7. 12:15 — 13:00 IPS +

Ada hal-hal lain yang cukup sederhana yang bisa mengubah tingkah laku anak, seperti hanya memberikan satu tugas untuk suatu waktu tertentu, mengajarkan subyek yang lebih sukar di pagi hari, atau memberikan aturan main yang jelas. Pujilah si guru jika anak anda menyatakan senang belajarnya hari itu atau sepanjang minggu dan nyatakan terima kasih anda pada si guru. Tetapi jangan berkomunikasi dengan guru secara berlebihan. Ingat, si guru masih mempunyai banyak tugas lain di luar sekolah, jadi jagalah agar komunikasi anda dengan guru singkat-singkat saja. Pekerjaan Rumah (P.R.)

P.R. seringkali merupakan sesuatu yang menyulitkan bagi anak dengan ADHD, namun ada banyak cara untuk membuatnya mudah. Pertama-tama carilah seorang yang ëmahatahuí bagi anak anda, yang dapat menguji p.r. dan menjawab semua pertanyaan mengenai p.r. tsb. Lalu bagi p.r. menjadi beberapa bagian, misalnya 20 soal matematika dapat dibagi menjadi 2 atau 4 bagian, tugas menulis sebanyak 3 halaman dibagi menjadi 3 bagian. Rencanakan pemberian hadiah atau istirahatnya setiap kali satu bagian selesai dikerjakan. Banyak siswa menemui kesulitan dalam menulis. Jika mungkin bisa dikerjakan dengan komputer atau secara lisan pasti anak anda dapat melakukannya dengan lebih baik. Untuk anak yang lebih besar atau untuk p.r. yang banyak, ada baiknya dibuatkan semacam laporan ëbergaya wartawaní

ñ suruh si anak menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menggunakan kata tanya: Siapa? Apa? Dimana? Kapan?

Mengapa? Bagaimana?. Lalu bahas lembar pertanyaan itu dengan si anak. Bantuan Bagi Anak Anda

Anak dengan ADHD sepatutnya mendapatkan pelayanan pendidikan khusus di sekolah. Jika sekolah tidak mempunyai sarananya, sebaiknya hubungi lembaga yang mempunyai tenaga ahli dalam mengatasi ADHD, misalnya klub Anak Anak Berkesulitan Belajar (Klub AABB).

Anak dengan ADHD sulit diprediksi. Mereka seringkali tidak dapat mentaati peraturan, dan sering cepat marah. Sikap ini akan menghalangi mereka dalam mencari teman. Berikut ini ada beberapa saran agar si anak bisa bermain dengan temannya.

Sumber: http://www.kesulitanbelajar.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: