HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN OLEH ORANG TUA ANAK ADHD DALAM PERGAULAN

Awasi Permainan

Jika ada teman si anak datang ke rumah untuk bermain, anda harus menentukan berapa lama mereka bisa bermain dan cari tahu berapa lama temannya itu akan berada di rumah anda lalu rencanakan aktivitas apa yang akan mereka lakukan. Jika sebuah aktivitas tidak berjalan dengan baik, ganti dengan yang lain. Lebih baik anda selalu bersama dengan mereka, kalau bisa ikut serta dalam aktivitas mereka. Lebih baik tiga orang teman karena kalau yang datang dua orang, mereka jadi berpasangan dan anak anda tidak ada pasangannya. Kalau ada lebih dari empat, akan membingungkan.

Anjurkan mereka untuk bertingkah laku baik dan beri pujian kalau mereka berkelakuan baik. Ingat, akan membuat anak

anda malu kalau anda memarahi dia di depan temannya. Jika si anak berkelakuan buruk, cari cara ungtuk memperingati

dia. ìTime-outî (periode diam) akan sangat efektif karena si anak biasanya tidak mau ditempatkan sendirian karena sedang ada teman di rumah. Ajarkan Kemampuan yang Belum Dikenal Beberapa anak dengan ADHD tidak tahu bagaimana caranya menyapa seseorang atau tetap melakukan kontak mata kalau sedang berbicara dengan seseorang. Ada juga yang suka interupsi dan tidak tahu bagaimana memusatkan perhatian. Akan sangat berguna kalau kita mengajarkan kemampuan ini. Pertama-tama jelaskan kemampuan apa yang akan diajarkan, gunakan bahasa yang sederhana dan pastikan si anak mengerti. Lalu uraikan caranya. Saat yang paling baik untuk mengajarkan adalah ketika si anak menunjukkan kelakuan yang tidak diinginkan. Kita harus merasa yakin bahwa si anak telah mengerti kemampuan yang baru kita ajarkan karena mungkin ini merupakan sesuatu yang baru bagi dia. Jika si anak tidak ëmenangkapí atau tidak percaya, ada baiknya si anak diambil gambarnya ketika melakukan yang tidak baik dengan kamera video, lalu kita tunjukkan bagaimana seharusnya. Ini harus dilakukan beberapa kali, lalu simulasikan dengan si anak. Ketika si anak sudah tahu dan bisa melakukan dengan baik, berikan semacam tugas untuk melakukannya di dunia nyata. Biarkan dia keluar untuk mempraktikkan lalu melaporkan hasilnya pada anda. Bicarakan apakah yang telah dikerjakan berhasil atau gagal, kalau berhasil beri dia pujian, dan ketidak berhasilan si anak sebaiknya dibicarakan nanti, dengan menambahkan bagaimana caranya menghindari ketidak berhasilan.

Kelompok yang telah disiapkan sebelumnya untuk ditemui anak di luar rumah, merupakan cara yang baik untuk mempraktikkan kemampuan baru si anak dan juga untuk berteman. Anda terlebih dahulu menemui mereka, lalu panggil si anak untuk bergabung. Anda harus yakin bahwa kelompok ini akan cocok dengan anak anda dan apa yang akan dikerjakan dengan kelompok juga cocok dengan keinginan anak anda. Bicarakan dengn seorang instruktur mengenai kegemaran-kegemaran anak anda dan jangan lupa menanyakan apa yang akan dilakukan si instruktur. Kelompok pramuka akan sangat bermanfaat jika penggalangnya mengerti akan apa yang dibutuhkan anak anda. Kelompok olahraga akan sulit diikuti anak dengan ADHD karena dia akan susah mengikuti peraturan atau berkonsentrasi. Namun banyak anak dengan ADHD bisa menjadi anggota kesebelasan sepak bola dan olahraga lain seperti tennis, berenang atau atletik. Pilihan lain adalah oleh raga bela diri karena adanya penekanan pada kontrol diri

dan disiplin.

Sumber: http://www.kesulitanbelajar.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: